Apel pagi merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh pemerintah desa Karangjengkol dalam rangka memperkuat koordinasi, komunikasi, dan kedisiplinan antara Perangkat Desa  . Di Desa Karangjengkol, Kecamatan Kesugihan, apel pagi menjadi tradisi yang dijalankan setiap hari sebelum melaksanakan kegiatan atau aktivitas pelayanan kepada masyarakat dan sebagai bentuk keseragaman dan keteraturan dalam menjalankan tugas pemerintahan.

 

Tujuan dari pelaksanaan apel pagi ini adalah untuk memperkuat sinergi antar anggota pemerintah desa, menyampaikan informasi terkini, serta mempersiapkanPerangkat Desa dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Selain itu, apel pagi juga memberikan kesempatan bagi kepala desa atau perwakilan pemerintah desa untuk memberikan arahan, pengumuman, dan evaluasi terhadap kinerja dan program kerja yang sedang berjalan.

Waktu pelaksanaan apel pagi biasanya dijadwalkan pada pagi hari sebelum memulai aktivitas pemerintahan. Tempat pelaksanaan dapat beragam, dari halaman kantor desa, balai desa, atau tempat yang telah ditentukan sebelumnya. Para anggota pemerintah desa diharapkan hadir tepat waktu dan menggunakan seragam dinas sebagai tanda keseragaman dan identitas dalam menjalankan tugas.

Selama apel pagi, beberapa kegiatan rutin biasanya dilakukan. Berikut adalah beberapa elemen yang sering ditemui dalam pelaksanaan apel pagi:

1. Pemeriksaan kehadiran: Dilakukan untuk memastikan kehadiran seluruh anggota pemerintah desa. Hal ini penting agar semua anggota dapat mendengarkan informasi dan arahan yang disampaikan oleh kepala desa atau perwakilan pemerintah desa.

2. Pemimpin apel: Biasanya dipimpin oleh kepala desa atau Sekretaris Desa jika Kepala Desa Berhalangan atau ada kepentingan lain yang tidak memungkinkan untuk hadir menjadi pemimpin apel. Dan apabila dimungkinkan kepala desa dan sekretaris desa berhalangan pemimpin apel akan dipimpin oleh kasi pemerintahan.Pemimpin apel bertugas untuk menyampaikan arahan, pengumuman, dan evaluasi terkait tugas-tugas yang akan dilaksanakan.

3,Untuk petugas perwira apel

Senin      Kasi pemerintahan          Rabu    Kasi Pelayanan        Jum’at     Kaur umum dan perencanaan

Selasa    Kasi Kesejahteraan         Kamis   Kaur Keuangan

Perwira apel bertugas menyiapkan pasukanya dan memberikan laporan kepada pemimpin apel untuk kehadiran para peserta apel.

4. Pembacaan visi dan misi: Dilakukan untuk mengingatkan seluruh anggota pemerintah desa tentang tujuan dan arah pembangunan desa. Hal ini penting agar seluruh anggota memiliki pemahaman yang sama dan terfokus pada upaya mencapai visi dan misi desa.

5. Penyampaian informasi dan pengumuman: Kepala desa atau perwakilan pemerintah desa memanfaatkan kesempatan ini untuk memberikan informasi terkini, pengumuman program kerja, serta evaluasi terhadap kinerja yang telah dilakukan.

6. Penyampaian motivasi dan semangat: Pada kesempatan ini, kepala desa atau perwakilan pemerintah desa juga dapat memberikan motivasi dan semangat kepada anggota pemerintah desa dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka.

Pelaksanaan apel pagi setiap hari di Desa Karangjengkol, Kecamatan Kesugihan,Kabupaten Cilacap merupakan wujud komitmen dan keseriusan pemerintah desa dalam menjalankan tugas pemerintahan dengan baik. Dengan adanya apel pagi, diharapkan tercipta koordinasi yang baik antaranggota pemerintah desa sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat desa.

 

Bagikan Berita